NAVIGASI

Tuesday 24 January 2012

HUMOR TEMA PENDIDIKAN 1

Bicara soal pendidikan maka akan bicara soal sekolah. Mengapa sekolah di Indonesia susah untuk maju. Ternyata jawabannya sederhana. Karena lahannya sudah habis kena gusur untuk pelebaran jalan.

Indonesia sejak tahun 2008 sampai sekarang masih mencanangkan program wajib belajar sembilan tahun, entah gara-gara program itu atau bukan, dikampung saya sekarang rata-rata siswa hanya mau sekolah sampai berumur Sembilan tahun. Ia lalu berhenti sekolah dan membantu orang tuanya dagang kakung, bayam, cesim di pasar.

Padahal pengertian dari wajib belajar Sembilan tahun artinya rata-rata warga masyarakat Indonesia minimal pengenyam pendidikan di sekolah selama Sembilan tahun. Seperti si Kodir contohnya, Alhamdulillah ia malah sudah sekolah selama sepuluh tahun di SD karena beberapa kali tidak naik kelas.

Untuk mendukung program wajib belajar Sembilan tahun, kemudian pemerintah memberikan dana BOS, Bantuan Operasional Sekolah. Namanya juga Bantuan, cukup tidak cukup harus diterima. Dan namanya juga BOS, sering telat datangnya mohon dimaklum. Kalau tidak telat bukan BOS namnya, tapi bawahan.

Pendidikan merupakan suatu indicator penting dalam proses kemajuan suatu bangsa. Jika pendidikan di sebuah Negara berhasil maka Negara tersebut akan dengan mudah mencapai keberhasilan di bidang pembangunan. Artinya Jika pendidikan berhasil maka pembangunan juga akan berhasil, jika tidak berhasil bangun minum saja jamu, atau beli obat kuat.

Kemajuan pendidikan sangat tergantung kepada kinerja profesi guru di sekolah. Guru adalah orang yang seharusnya bisa digugu dan tiru. Digugu dalam ucapannya yang baik dan ditiru dalam prilkunya yang baik. Sebab pribahasa mengatakan Guru kecing berdiri, murid kecing berlari. Guru kencing berlari cepat-cepat bawa ke rumah sakit jiwa. Atau mungkin dikejar anjing karena kecingnya semabarang di tembok rumah yang ada anjing penjaganya.

Profesi guru sangat berbeda dengan profesi lain. Misalnya guru berbeda dengan dokter. Kalau dokter sering pusing membuat resep obat untuk menyembuhkan penyakit, kalau guru sering pusing karena tidak mampu menebus obat ketika sakit. Guru berbeda dengan ABRI, kalau ABRI berlatih perang melwan musuh, kalau guru berlatih perang melawan kemisikanan.

Mari kita do’akan semoga pendidikan di Indonesia akan semakin baik lagi. Gurunya semakin sejahtera, muridnya menjadi berguna bagi bangsa dan Negara. Dan semoga saja Negara mau menggratiskan semua tingkat pendidikan di Indonesia. Asal jangan gratisnyanya Cuma niru iklan pulsa, walau iklannya gratis 24 jam, tapi tetap saja pulsanya akan habis dan isi ulang tidak gratis. Walau sepanduk terpambang lebar bahwa sekolah gratis di dinding depan gerbang sekolah, tetap saja harus bayar uang pagar, LKS, seragam, uang bangku dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment