NAVIGASI

Sunday 15 January 2012

PUISI TENTANG AKU

AKU BUKAN ILALANG
(RudiS.Pd)

AKU BUKAN ILALANG

Merumpun aku diantara kalian
Coba tunjukan identitas yang aku punya
Tumbuh bersama kalian di padang kehidupan
Meski mungkin tak sehebat kalian
Daunku tak memberi guna bagi siapa-siapa
Tapi aku bukan ilalang
Yang menjadi gulma di kebun-kebun palawija
Menghalangi rumput meraih mentari
Membuat petani kesal atas rimbun daunku yang tinggi
Tapi tetap aku bukan ilalang

Aku ingin menjadi jamu segala penyakit pertiwiku
Bersama umbi-umbian yang bisa memberi karbohidrat
Yang dapat tumbuh dikebun petani sebagai harapan
Meski tak banyak yang aku punya
Tapi tetap aku bukan ilalang
Bukan rumput liar yang dimusnahkan dengan percikan api
Dihalau dengan bajak dan cangkul petani
Meski aku sadar, aku tak sehebat kalian
Tak mamu memberikan asa di saat balada menjadi duka.

No comments:

Post a Comment